Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Nu Amoorea - Curhatan kesembuhan dari penyakit eksim

Haloooooo ... Aku mau cerita soal eksim nih...
Ngapain sih cerita  eksim, apa juga itu eksim ?  aaaaah kayak dokter kulit aja ha ha ha..

Peristiwa ini hampir 2 tahun yang lalu,...

Jadi gini, pada tahun 2016,  waktu itu berawal saat kaki kiri ku yang tiba tiba sangat gatal, ( kok tiba tiba?  ya pokoknya tiba tibalah,seperti tidak ada gejala awal ),  apalagi kalau malam hari uuuh kesaal rasanya, sambil merem aja nih mata, ku garuk garuk kaki kiriku tanpa sadar ( kan lagi bobo, hi hi..)

Keesokan paginya, ketika mandi, sreset kakiku terasa periih dan nyeri, kulihat dan kuraba ternyata kakiku merah merah menebal dan terasa kasar. Pikirku,  "ooh ini yang semalam ganggu tidurku. Ehmm, aku pakai sabun sulfur aja deh, digosok gosok ntar kan ilang gatalnya, setelah itu aku kasih salep kulit yang biasa untuk gatal gatal pasti sembuh. Lanjutt aktivitas ku seperti biasa.

Sehari, dua hari sampai 1 minggu rutinitas baru kujalanin, malam garuk garuk , pagi mandi gosok gosok sabun sulfur, oles oles salep. Tapi kuperhatiin, ini kaki makin parah aja, makin lebar aja ruamnya.. waduuuh.. gimana kalo nanti penuh sekaki ?????? paraaaahh.

Suatu sore di bulan april 2016, dengan galau dan malas malasan, aku di antar ke dokter kulit, antriii lamaaa baru dapat panggilan. 
Di ruang dokter, konsultasi sama dokternya ,  gini "Dok, ini kakiku kenapa ya? Kulitku sakit apa? " singkatnya dokter bilang aku kena eksim. Gubraagg... whaaat eksim?.. hiiiii... seperti orang yang gak pernah mandi aja kok bisa kena eksim, jooooroook pikirku kala itu.

Lanjut tanya, dok eksim itu apa ? dokter jawab dengan sabar dan detail semua pertanyaanku.
seperti ini jawabannya:

Eksim

"Eksim yaitu istilah umum untuk jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh macam-macam sebab, dengan gambaran kelainaan kulit ( basah atau kering) yang bermacam-macam juga. Ada eksim yang disebabkan alergi kulit karena tersentuh zat kimia tertentu, ada yang karena sinar matahari, ada yang timbul dilokasi yang khas akibat makan obat tertentu, ada yang disebabkan oleh tekanan psikis, dan ada juga yang penyebabnya tidak jelas.


Gejala yang utama adalah rasa gatal, terutama pada malam hari, ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain.Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.
ilustrasi penyakit eksim


Gejala atau tanda-tanda penyakit eksim adalah:


Rasa panas dan dingin yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim.
Rasa gatal terutama terasa pada malam hari.
Akan tampak lepuhan-lepuhan kecil dan kulit bersisik yang keras pada permukaan kulit yang akan disertai dengan pembengkakan.
Eksim akan sangat cepat sekali penularannya pada kulit yang lain.
Eksim dapat dibedakan menjadi 2 yaitu eksim kering dan eksim basah.
Eksim kering akan tampak pada kulitnya kering, bersisik, kemerah-merahan, kadang-kadang bengkak, dan terasa gatal. Sedangkan pada eksim basah kulitnya akan tampak merah, bengkak, melepuh, dan basah, timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal.
Daerah-daerah yang sering terjangkit penyakit eksim adalah : pada sela-sela jari tangan atau kaki, dan daerah-daerah lipatan tubuh, seperti sela paha, belakang lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar leher. Penyakit eksim sering terjadi secara berulang-ulang atau kambuh, oleh karena itu harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alegi (alergen)"

"Dokter pun menambahkan, oh iya kalo kena eksim itu untuk pencegahan makin buruknya keadaan apa saja yang harus diperhatikan :


  • Jangan terlalu sering mandi (karena kalau terlalu sering basah maka akan susah keringnya) atau bila perlu di lap saja.
  • Bila akan mandi gunakan air hangat-hangat kuku (jangan terlalu panas).
  • Hindari pengunaan sabun pada daerah yang terserang eksim karena bila daerang yang terserang eksim terkena sabun maka akan teriritasi. (haaah ... paraahnya selama ini aku malah gosok sabun sampai busanya pekat ")
  • Hindari kontak dengan kain atau selimut yang terbuat dengan wol, pakailah pakaian yang bersih, tidak ketat dan menyerap keringat.
  • Bila eksimnya dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu, maka hindari makanan tersebut. (puasa dong...)
  • Jangan menggunakan sabun atau deterjen yang keras.
  • Hindari penggunaan zat-zat kimia seperti kosmetik dan obat-obatan yang terlalu keras terhadap kulit.
  • Dan yang paling penting jangan menggaruk. Menggaruk eksim hanya akan memperburuk keadaan, karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda. Sebaiknya guntinglah kuku pada orang yang mempunyai penyakit eksim agar luka tidak terinfeksi oleh kuman. ( hu hu hu... miriiss, dengar ini gays.. aku selalu garuk garuk dan kuku tanganku panjang hi hi ...) 
Selang beberapa menit berkonsultasi, dokter coret coret pada kertas kecil, akupun bawa ke  apoteker. Jangan lupa obat di minum rutin ya, salep sehari di oles minimal 3 kali..

Seminggu berlalu, obat habis,  kulihat eksim sudah kering, kalau malam sudah tidak gatal lagi. Bahagiaaaa rasanya serasa melayang layang di udara , sudah bebas dari eksim. .. ☺☺☺☺☺

Tapiiiii.. ini cuma 1 bulan berlalu gays, eksim kembali muncul dan lebih lebar, berobat lagi ke dokter,
Ooh nooo.. antri, harus minum obat, harus oles oles, jadinya kuputusin deh, pakai obat eksim di toko aja.. ( tahu sendiri kan ke dokter kulit kayak apa ... mahaal pula hiks hiks )
Setiap pagi sebelum bekerja dan malam sebelum bobo, aku obatin eksim di kakiku dengan obat dari toko yang bermacam macam merknya. Dari satu merk ke merk lainnya aku cobain semua. Sampai sampai kakiku melepuh putih, seperti kulit terkelupas kena air panas, coba anda bayangkan seperti apa ......belum lagi kalau sedang di oles obat periih, panas. Oomaigod, setiap pakai obatnya, eksim sembuh,  tapi ketika rasa malas, atau sedang tidak sempat oles obat, selalu kambuh eksimnya. Aku hanya bisa pasrah he he ..sambil berdoa kepada Tuhan.

Setiap bepergian aku coba  tutupi kakiku itu dengan kaos kaki biar eksim  tidak kelihatan .. maluu.. jika ada pemandangan yang sangat indah ๐Ÿ‘€๐Ÿ‘€
kebalikannya sih...

Hingga suatu ketika,  pada bulan Juli 2017 aku dipertemukan produk skin care kulit, ketika itu aku juga punya masalah kulit lainnya yaitu jerawat dan flek di wajahku  (yang akan datang aku buat reviewnya juga yes) . Bisa dibayangkan, masalah eksim aja sudah buat aku galau maksimal, eeeh ternyata punya masalah lain pula di wajah... ya ampuun lengkap sudah masalahku.


Ketemu Nu Amoorea Beauty Bar

Nu Amoorea Beauty Bar

Okee, kembali ke soal eksim. Jadi ceritanya, aku kecantol dan memutuskan mencoba produk Nu Amoorea Beauty Bar untuk mengatasi masalah jerawat dan flek ku tuuh...lahh kaitan sama eksim apa? simak yess ... he he...

Eits, tapi sebelumnya....barangkali ada yang belum tau apa itu Nu Amoorea Beauty Bar? Nah, yuuk baca review saya ๐Ÿ˜
"Nu Amoorea Beauty Bar merupakan sabun batangan yang konon punya segudang manfaat. Bisa untuk mencerahkan wajah, menghilangkan noda bekas jerawat, bikin wajah jadi glowing, sekaligus bikin sehat karna Nu Amoorea ini akan mendetoks wajah kita dari berbagai macam bahan kimia merugikan dari kosmetik-kosmetik kita sebelumnya. Katanya lagi, Nu Amoorea juga bisa untuk menghilangkan ketombe, menghilangkan ruam pada bayi, mengobati penyakit kulit dll dst dsb... claim kata membernya" 
Kalau pada kemasan produknya sich gak ada claim yang menyatakan mengobati eksim ha ha ha..



Berawal dari situ, aku pun mencoba menempelkan busa Nu Amoorea Beauty Bar  sisaan setelah ku pakai di muka,  ke kakiku yang terkena eksim.  Busanya cuma ditempelkan dan didiamkan sekitar 3 menit, lalu siram/bilas air. Dengan perasaan yang nggak yakin, karena masih  ragu, apa iya cuma busa sabun ditempel aja apa bisa untuk mengobati eksim ?, ke dokter kulit aja gak mempan hanya sembuh sementara.... Namun tetap  kulakukan setiap 2 kali sehari, pada waktu mandi pagi dan sore hari.. 

Foto ketika tempel busa Nu Amoorea 

Daaaan setelah 1minggu pemakaian busa Nu Amoorea Beauty Bar apa yang terjadi gays... ????????

Ternyata eksimku lenyaaaap... kulit kakiku normal seperti sediakala, ketika sebelum terkena eksim. Serasa tak percaya tapi aku benar benar mengalaminya. Sejak saat itu sampai dengan aku menulis review ini, eksimku tidak pernah kambuh lagi. Senangnyaaa... bahagianya... sama sekali tidak rempong harus oles oles salep, tidak perih atau panas saat seperti di obati tapi bisa sembuh, padahal hanya sabun ya...

Nah, disitu aku mengakui kalau sabun Nu Amoorea Beauty Bar ampuh mengobati eksim. Meskipun hanya sabun tapi salah satu manfaatnya ternyata bisa juga untuk mengobati eksimku. Seandainya diantara pembaca ada yang mengalami penyakit kulit seperi aku tidak ada salahnya jika ikut mencoba busa Nu Amoorea he he he...

Sabun Nu Amoorea ini kata orang mahalll, Apa iya begitu ? kalau  kualitasnya memang benar benar oke.  




Posting Komentar untuk "Review Nu Amoorea - Curhatan kesembuhan dari penyakit eksim"